Minggu, 10 Juli 2016

Rk/Rm "Kitsang" Legendaris, Rk "Hok Lae" Fenomenal

Tentang Tomohon (4)

12 tahun jelang Indonesia Merdeka (17/8/45) tepatnya tahun 1933, Tomohon waktu itu masuk dalam Distrik Manado dibawah Hukum Besar Frederik Ruata (1927-1933) ternyata sudah punya rumah kopi dan diberi nama Rumah kopi "Kitsang". Nama "Kitsang" diambil dari nama dua orang sahabat; "Kit dan Sang", keduanya asal Kanton Tiongkok. 

Selain menjual kopi dan kopi susu, jualan utama "Kitsang" adalah rumah makan dengan menu utama, mie kua, mie goreng, cap cae dan nasi campur. Lokasi Rk/Rm "Kitsang" sejak berdiri tahun 1933 pemiliknya bernama aso Au Yang Mau hingga saat ini tidak pernah berpindah tempat yakni di Kelurahan Kamasi (samping toko/supermarket "Grand Central 1". Rk/Rm "Kitsang" memang legendaris selain sudah berusia tua, juga dijuluki "DPRD" Tkt 3 karena politisi Tomohon sejak pasca Permesta sering berkumpul dan bicara politik disitu hingga kini. Salah satu jebolan "lulusan" Dewan Kitsang adalah Jefferson SM Rumajar mantan Walikota Tomohon. Bahkan ketika Kota Tomohon mau dicetuskan, Rk/Rm "Kitsang" menjadi 'Homebase' para politisi dan pejuang Kota Tomohon. Rk/Rm "Kitsang" pernah berganti nama menjadi Rk/Rm "Meike". tapi setelah Reformasi kembali memakai nama "Kitsang"`. 

Sementara Rk dan Mie "Hok Lae" pemiliknya aso Ong Soen Khi dipanggil juga aso Akao berdiri pertama kali tahun 1950 di Paslaten tepatnya kini toko meubel milik Rosje samping Rm "Anugerah". Menjadi fenomenal karena Rk/Rm dengan andalannya Bak pao (biapong) dan Soseis sering sekali dikunjungi bukan hanya orang Tomohon tapi orang Kawangkoan dan orang Tondano. Bahkan beberapa pejabat dari Minahasa dan Manado sering singgah minum kopi disitu. Rk/Rm makan "Hok Lae" yang diambil dari kata Hok (Hokie/Berkat) dan Lae (Datang/Membawah) jadi "Membawa Berkat" melayani pelanggannya dari jam 04.00 subuh sampai jam 06,00 sore. Rk/Rm "Hok Lae" juga menjual barang kelontong dan Di Tomohon hanya sampai tahun 1960 setelah usai Permesta lalu pindah ke Manado. 

Setelah 56 tahun, kini Rk/Rm "Hok Lae" balik lagi ke tanah asalnya Tomohon dengan nama "Hok Lae" Tempo Doeloe, Rumah Kopi & Mie tepatnya di Kakaskasen 3 depan samping kiri ex Rindam. Menu andalahnya seperti ketika didirikan yakni; bak pao (biapong), soseis dan kopi, kopi susu serta mie kua dan mie goreng rasa tahun 1950-an. Salah satu anak usaha "Hok Lae" adalah Rm "Green Garden" di Kakaskasen 1 dan di Manado.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar