Rabu, 19 Maret 2008

Cara Menulis CV (Riwayat Hidup) yang Menarik

Kecuali Anda memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman, resume Anda harus tidak lebih dari satu halaman. Gunakan tata letak sederhana.

1. Tahu apa yang Anda inginkan.

Tulis tujuan pekerjaan dinyatakan dengan jelas. Nyatakan apa yang harus dilakukan, untuk siapa, dimana, dan berapa tingkat tanggung jawab.

2. Berdiri keluar dari keramaian.

Alih-alih hanya daftar keterampilan pekerjaan Anda, menjelaskan manfaat dan hasil kinerja Anda. Untuk setiap pekerjaan tetap atau tugas staf, mengembangkan daftar prestasi besar, menempatkan penekanan yang paling pada prestasi terakhir Anda.

* Apa masalah atau tantangan yang Anda hadapi?
* Tindakan apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya?
* Bagaimana tindakan Anda menguntungkan perusahaan?
* Perlu diingat bahwa sebagian besar perusahaan menghargai pekerja yang meningkatkan keuntungan dan menghemat waktu dan uang.


3. Menjual diri.

Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan yang hebat!
Resume Anda dengan kata-kata dari diri Anda sendiri. Menampilkan kekuatan dan satu atau dua keterampilan atau kemampuan yang luar biasa. Daftar pendidikan, pelatihan, dan setiap penghargaan yang relevan.

4. Jangan pernah membuat daftar alasan untuk penghentian atau meninggalkan pekerjaan pada resume tersebut.

Pembaca dapat menemukan konotasi negatif bahkan untuk alasan terbaik. Kau jauh lebih baik menjelaskan penyimpangan kerja secara langsung.

5. Pastikan resume dan surat lamaran yang bebas dari kesalahan.
Mengoreksi, dan telah mengoreksi orang lain mereka juga. Buatlah CV Anda dimengerti dengan menghindari jargon dan menggunakan bahasa Inggris.

Ketika melamar pekerjaan, banyak perusahaan meminta Anda mengirimkan CV. Apakah CV dan apa tujuan melakukannya melayani? Bagaimana Anda membuat CV Anda menonjol lebih dari yang lain? CV adalah dokumen ringkas singkat yang merangkum keterampilan masa lalu Anda profesional dan pengalaman. Tujuan dari dokumen ini adalah untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan (dan beberapa yang komplementer) untuk melakukan pekerjaan yang Anda lamar.


Langkah-langkah untuk menulis itu

1. Buatlah daftar pekerjaan Anda telah diadakan di masa lalu (termasuk tanggal).
2. Buatlah daftar kualifikasi yang Anda peroleh.
3. Membuat daftar hobi dan minat.
4. Menggunakan daftar ini untuk menyusun daftar keterampilan kunci yang membedakan Anda dari kandidat lainnya.
5. Referensi setiap keterampilan kunci untuk pekerjaan Anda telah dilakukan di masa lalu.Perlu diingat bahwa keterampilan kunci tidak harus diperoleh dari pekerjaan saja dibayar; kerja sama tim, misalnya, dapat ditunjukkan melalui kegiatan banyak olahraga seperti sepakbola. Keterampilan kepemimpinan dapat ditunjukkan dengan referensi yang liburan Anda terorganisir atau beberapa acara lain yang diatur.
6. Gunakan sebagai kata kerja sebanyak mungkin. Berikut adalah daftar yang harus Anda mulai:
* Dicapai, diperoleh, diadaptasi, ditangani, dikelola, dianalisis, diantisipasi, dirakit, dibantu, yang telah diaudit,
* Dianggarkan,
* Dihitung, terpusat, diubah, berkolaborasi, terdiri, kental, yang dilakukan, dibangun, yang dikontrak, dikonversi, terkoordinasi, dibuat, diusahakan,
* Menunjukkan, dirancang, dikembangkan, dirancang, ditemukan, dua kali lipat, disusun,
* Diedit, dihilangkan, ditegakkan, didirikan, dievaluasi, diperluas, menjelaskan,
* Perkiraan, dibentuk, didirikan,
* Dihasilkan, dipandu,
* Dipekerjakan,
* Dilaksanakan, ditingkatkan, informasi, tertanggung, ditafsirkan, diwawancarai,
* Diluncurkan,
* Dipertahankan, dikelola, dipasarkan, diminimalkan, dimobilisasi, termotivasi,
* Dinegosiasikan,
* Diperoleh, dioperasikan, diorganisasikan, berasal, mengawasi, out-dilakukan,
* Dilakukan, direncanakan, dicegah, diproduksi, dipromosikan, disediakan, dipublikasikan, diterbitkan,
* Direkrut, ditata kembali, dilaporkan, diteliti, diselesaikan, terakhir,
* Dipilih, dipisahkan, diatur, disederhanakan, dipecahkan, disurvei, dikelola, diawasi,
* Ditargetkan, bertugas, mengajar, diuji, dilatih,
* Dimanfaatkan.
7. Jangan berbohong. Ini sangat penting. Hal ini dapat diterima untuk membesar-besarkan untuk membuat segalanya terdengar sedikit lebih mengesankan dari yang sebenarnya, tetapi jika Anda mengatakan terang-terangan terletak kerja potensial Anda bisa mengajukan pertanyaan yang Anda tidak dapat menjawab. Lebih penting lagi, Anda bisa dipecat nanti jika diketahui bahwa Anda berbohong pada aplikasi Anda atau melanjutkan.
8. Buatlah daftar bagian kunci atau kategori (ini mungkin berbeda untuk setiap pekerjaan yang Anda melamar tergantung pada apa yang Anda ingin menekankan): Informasi Pribadi, Pendidikan dan Kualifikasi, Keterampilan & Pengalaman, Keahlian Teknis, Ketenagakerjaan, Hobi dan Minat, Referensi.
9. Kirim CV anda ke majikan untuk siapa Anda tidak punya niat untuk bekerja. Mintalah dia untuk meninjau CV anda dan memberikan umpan balik.
10. Pastikan CV Anda tidak lebih dari empat halaman. Ini adalah ringkasan, bukan sejarah hidup Anda. Jika calon majikan Anda ingin tahu lebih banyak, mereka akan bertanya!
11. Memberikan rincian kontak bersama dengan tanggal dan waktu Anda tersedia untuk bekerja. Jadilah sefleksibel mungkin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar